Mau Tahu Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka? Simak Nih Gaeeessss.....


Halooooo gaessss... Naaaah beberapa waktu yang lalu (atau tahun lalu ya tepatnya...? Heheheee...) saya sudah pernah menuliskan beberapa artikel mengenai UT (Universitas Tebuka). Apa saja itu? Oke deeeh... bagi yang belum baca, ini saya kasih link-nya wes... ada yang tentang Meluruskan Stigma Universitas Terbuka (UT) di Mata Masyarakat, ada juga tentang Cari Info Kuliah S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka Yogyakarta. Sudah? Belum... masih ada lagi nih.... Informasi Pendaftaran dan Biaya Kuliah S1 Ilmu Perpustakaan UT Jogja. Dan juga ada yang berjudul (Ternyata) Pendaftaran Kuliah Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT) Sudah Dimulai.

And than,,untuk kesempatakan kali ini, saya akan menuliskan tentang sebuah jawaban.. Ya, sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering mampir ke saya. Yaitu tentang Akreditasi Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT) ini. Ini salah satunya gaes....


Hmmm memang sih.. Akreditasi ini (di lapangan) memang bisa dikatakan sangat penting di dunia kerja. Banyak instansi atau lembaga dalam rekrutment calan pegawainya mematok harga akreditasi minimal "sekian" dengan IPK "sekian". Sedikit sharing pengalaman, ada adik kelas saya yang lulusan dari sebuah sekolah tinggi kesehatan di kota Semarang. Yang mana secara personal, dia adalah mahasiswa lulusan terbaik di jurusannya. Akan tetapi karena "terkendala" dengan status akreditasi jurusannya yang masih C, dia cukup kesulitan mencari pekerjaan karena banyak dari lowongan kerja tersebut mematok standar minimal B untuk akreditasi jurusan. Walaupun ahirnya sekarang diapun sudah mandapatkan kerja juga.

Naaaah itulah.... Biasanya jika sudah nyangkut masalah akreditasi, jika tidak memenuhi syarat, maka dipastikan lamaran kerja akan gugur di tahap administrasi tanpa bisa maju ke tahap berikutnya. Wes lah yo? Itu sekilas tentang "problematika" akreditasi jurusan perkuliahan.

Lalu bagaimana dengan akreditasi jurusan D2 dan S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka (UT) ini? Nah, ceritane begini, ini tadi saya iseng-iseng buka-buka situs website BAN-PT. Kemudian saya cek untuk daftar akreditasi jurusan/program studi (prodi) D2 dan S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka (UT) ini. Hasilnya?

Alhamdulillah... dua-duanya terkareditasi B. Baik untuk D2 Ilmu Perpustakaan maupun yang S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka.

Untuk program studi D2 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka, sudah sejak tahun lalu mendapatkan akreditasi B. Yaitu melalui SK Nomor 016/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-II/I/2015. SK ini berlaku sampai dengan 24 Januari 2020.

Sedangkan untuk yang prodi S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka, tahun ini mendapatkan prestasi serupa. Yaitu pada tahun 2016 ini, prodi S1 Ilmu Perpustakaan  Universitas Terbuka mendapatkan akreditasi B juga, dengan SK Nomor 0180/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016. Akreditasi ini berlaku sampai dengan 09 April 2021. Weh... masih lama yaaa masa habisnya? ^_^

Wes... langsung saja kita lihat... Ini untuk yang program studi D2 Ilmu Perpustakaan tahun 2015 yang lalu..


Naaaaah.... yang di bawah ini adalah hasil akreditasi program studi S1 Ilmu Perpustakaan tahun 2016 ini.



Gimana? Sudah manteeeeebbb to......? Lebih lengkapnya silahkan buka dan cari di web BAN-PT berikut ini, silahkan klik DI SINI.

Ayok kuliah di Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT)....! ^_^

UPDATE TERBARU :

Post a Comment

25 Comments

  1. Mas/mba jurusan ilmu perpustakan di ut? Ada kontak yg bisa dihubungi dgn cpt? Saya mau tanya2, seputar s1 ilmu perpustakaan di ut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa inbok lewat FB saya mbak. Jika butuh WA, silahkan inbok saya di FB saya (https://www.facebook.com/teguhpras99)

      Delete
  2. Mas/mba jurusan ilmu perpustakan di ut? Ada kontak yg bisa dihubungi dgn cpt? Saya mau tanya2, seputar s1 ilmu perpustakaan di ut.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan UT, yg D2 sampun tutup Bu.. Tinggal yang S1. Monggo langsung saja ke yang S1 Bu.....

      Delete
  4. Assalamualaikum, utk ilmu perpustakaan di UT ada didaerah mn saja ya Mbak? Mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam wr wb. Di semua daerah ada. Karena UT ada di seluruh Indonesia. Di mana di situ ada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT, maka ada jurusan ilmu perpustakaan. Silahkan hubungi UPBJJ UT terdekat di daerah njenengan. ^_^

      Delete
  5. Assalamualaikum? Mb mau tanya untuk akreditasi s1 ilmu perpustakaan sebelum tahun 2016 apa ya...? Saya lulusan tahun 2015... boleh minta dikirimin filenya......mau coba untuk persyaratan daftar cpns... terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tahunya yang 2016. Setahu saya, tahun 2015 prodi S1 Perpustakaan UT belum terakreditasi.

      Delete
    2. Jadi ga bisa buat daftar cpns ya buat yg llusan 2015😢

      Delete
    3. Kelihatannya kok begitu ya...

      Delete
  6. Berapa uang semester nya klo kuliah di ut jurusan perpustakaan baik D2 maupun s1....?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk D2 Perpustakaan UT sekarang sudah di tutup, yang ada skrg prodi S1 Perpustakaan. Untuk Prodi S1 Perpustakaan, besar kecilnya biaya tergantung jumlah matakuliah yang diambil. Sebagai gambaran, biaya dihitung per-sks matakuliah, yaitu 38 ribu rupiah. Per matakuliah itu 3 sks. Jadi jika ambil 1 matakuliah biayanya = 38.000 x 3 sks = 114.000 rupiah. Jika satu semester ambil 5 matakuliah, 114 ribu dikalikan saja dengan 5. ^_^

      Tapi rata2 pengalaman saya, setiap semester saya keluar biaya 1 jutaan. ^_^

      Delete
  7. Kebanyakan membutuhkan studi D3 buat cpns apa yg D2 bisa ikutan gak ya daftar CPNS saya lulusan D2 tahun 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan Pustakawan Jogja, saat ini untuk CPNS Perpustakaan, minimal D3. Bahkan di UT sendiri jurusan D2 Perpustakaan sudah ditiadakan. Di UIN Jogja juga hampir sama, jurusan D3 Perpustakaan sudah dihapus. Artinya apa? Artinya saat ini dunia kerja membutuhkan tenaga kerja yang (lebih) berkompeten. Bukan tidak mungkin tahun2 selanjutnya giliran D3 Perpustakaan yang TIDAK ADA formasi CPNS nya. maka dari itu, jalan keluarnya adalah tingkatkan kompetensi. Ayok... Kuliah lagi! ^_^

      Saya juga sama, lulusan D3 Perpustakaan UIN Jogja. Tapi saat ini saya tengah merampungkan kuliah S1 Perpustakaan di UT. Karena apa? Karena itu tadi... saya ingin meningkatkan kompetensi saya.

      Kita tidak bisa jika hanya berdiam diri sembari menyalahkan keadaan. Kondisi saat ini memang demikian, segala sesuatunya membutuhkan "yang terbaik". Dunia kerja penuh persaingan. Tentu dunia kerja membutuhkan tenaga2 kerja yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang tinggi pula. Tidak cukup hanya dengan meratapi nasib kita, tanpa mau berusaha merubahnya. Dengan cara apa? Ya itu tadi, salah satunya dengan kuliah lagi. Ambil S1 perpustakaan. untuk kesempatan yang lebih baik di masa depan. ^_^

      Delete
  8. haduh berarti lulusan S1 ilmu perpustakaan th 2015 blm terakreditasi y??? trs gimna dengan dngn persyaratan CPNS sayang sekali dong hemmm,.... jd bingung ini.

    ReplyDelete
  9. Untuk akreditasi kampus/institusi UT tahun 2014 dan 2016 bagimana? Dapat akreditasi apa? Soalnya saya tanya n cari di google n website ut g ada.saya lulusan s1 ilmu perpustakaan dan alhamdulillah keterima cpns cma sekarang butuh informasi ttg akreditasi kampus

    ReplyDelete
  10. Maaf, saya baru mau daftar di ut jogja. Kalau blh saya minta matkulnya...
    terimakasih

    ReplyDelete
  11. Assalaammu'alaikum,
    Mohon info untuk S1 Ilmu perpustakaan UT tahun 2019 ini, masih bisa mendaftar kah?

    Bisa minta link untuk mendaftar?

    Terima kasih.

    Reni di Ungaran

    ReplyDelete
  12. Buat informasi tambahan bagi yang mencari data Akreditasi S1 Ilmu Perpustakaan. Bisa copy paste link berikut : https://www.ut.ac.id/sites/all/files/images/2016/mei/SK_BAN_PT_No_0180_Tahun_2016.pdf

    Karena di website UT (https://www.ut.ac.id/jaminan-kualitas/akreditasi-ban-pt), sepertinya terdapat kesalahan dokumen ketika di upload.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum.. mohon informasi Pendaftaran, saya alumni Lanjut D3 ingin lanjut S1 Perpustakaan, gimana proses pendaftarannya dan kira² brapa tahun lanjut D3 ke S1?

    ReplyDelete
  14. Mohon petunjuk dan informasinya 🙏

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum mau tanya gelar S1 ilmu perpustakaan apa ya mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai dengan tahun 2019 kemarin, gelar lulusan S1 Perpustakaan Universitas Terbuka adalah : S.I.Pust. (Sarjana Ilmu Perpustakaan)

      Delete