Cari Info Kuliah S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka Yogyakarta

 

Hari Selasa kemarin, pagi-pagi saya sempatkan waktu untuk mendatangi kantor UPJJ UT Yogyakarta. Kantor UT Jogja ini ternyata telah berpindah dari kantor yang lama. Dari yang semula beralamat di Jalan Bantul No. 50 Yogyakarta, tepatnya di sebelah utara Kampus 3 UNY, sekarang berpindah ke selatan sekitar 100 m. Sebelum pom bensin.dan ternyata sekarang UT Jogja memiliki gedung yang baru dan terlihat cukup megah. Pintu masuknya saja berupa pintu kaca yang bisa terbuka-menutup secara otomatis. Hmmmm....



Sampai di sana langsung saja saya menuju bagian informasi untuk menanyakan bagaimana sistem perkuliahan di UT ini. Memang tujuan saya adalah ingin kuliah (lagi) setelah sebelumnya pada tahun 2012 lalu menyelesaikan pendidikan saya dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan D3 Perpustakaan dan Informasi Islam. Tujuan saya ke UT ini adalah untuk menanyakan secara langsung kepada pihak UT tentang bisa atau tidaknya kuliah S1 Ilmu Perpustakaan di UT dengan melanjutkan dari Ijazah D3 Ilmu Perpustakaan yang saya miliki. Dan ternyata bisa. Tidak harus mengulang dari awal. Saya tinggal mengambil mata kuliah-mata kuliah yang belum saya ambil dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Istilah gampangnya, tinggal melanjutkan saja. Dengan waktu kuliah sekitar 1 tahun (2 semester) sudah bisa lulus.

Tentu saja ini sangat membahagiakan. Sebab setelah sekian lama dilanda galau (hehehe..) karena gak tahu harus kemana untuk melanjutkanke jenjang sarjana. Memang ada beberapa teman seangkatan yang mereka sudah melanjutkan pendidikan jenjang sarjananya ke Universitas Airlangga (Unair), ada juga yang ke Universitas Sumatra Utara (USU). Tapi dengan kondisi saya yang bekerja di Jogja, juga terutama kondisi keuangan (heheheee..) tidaklah memungkinkan saya untuk ikut teman-teman kuliah di sana. 


Kemarin sempat pula mencoba kuliah di STAIMS (Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta) juga sempat di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Tapi kesemuanya itu tidak saya lanjutkan karena ternyata sulit untuk melepaskan jiwa saya dari dunia perpustakaan. Hehehe.. DAn ahirnya in syaa Allah pilihan jatuh ke UT Jogja yang mana di sini terdapat jurusan Ilmu Perpustakaan S1. Bisa transfer pula dari D3. Untuk ijazah D3 Imu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dihargai sebesar 88 sks. Jika untuk menempuh S1 butuh 144 s/d 160 sks, maka dengan "modal" 88 sks ini kita tinggal mnyelesaikan sekitar 56 s/d 72 sks. Jika satu semester kita bisa ambil full 24 sks, maka kita cuma butuh 3 semester saja untuk menyelesaikan pendidikan sarjana Ilmu Perpustakaan di UT ini.



Awalnya saya juga sempat ragu dengan kuliah di UT, karena ada banyak orang yang menyarankan saya untuk tidak kuliah di UT karena bla.. bla.. bla... Entahlah, sampai sekarangpun sebenarnya masih ragu-ragu. Tapi barangkali karena kepepet, ahirnya jadilah saya bulatkan niat untuk ke UT. Apalagi beberapa saat sebelum saya datangi kampus UT Jogja untuk cari info tentang perkuliahan di UT, saya sempat BBM-an dengan dosen saya yang sangat saya kagumi, beliau adalah Ibu
Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SS., M.Si (Dosen Ilmu Perpustakaan sekaligus Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Saya menanyakan perihal bisa atau tidaknya S1 dari UT untuk melanjutkan S2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan alhamdulillah beliau menjawab bisa.  Untuk yang masih ragu dengan kualitas UT, silahkan klik ulasan INI, biar tambah manteb. Hehehee...

Untuk informasi kuliah, selain bisanya transfer dari D3 ke S1, juga tentang biaya kuliah di UT. Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan S1 biaya kuliah Rp 38.000/sks/smester. Biaya ini sudah mencakup keseluruhan biaya kuliah karena menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Jadi semisal dalam 1 semester kita mengambil kuliah maksimal yaitu 24 sks, maka biayanya cuma Rp 912.000,-. Murah.

Sitem kuliah sendiri menggunakan sistem TTM (Tutorial Tatap Muka) dan Tuton (Tutorial Online). TTM hanya akan dilaksanakan jika jumlah mahasiswa yang mengambil matakuliah yang ingin di tutorkan mencapai 20 mahasiswa. Jika tidak maka perkuliahan dilakukan secara online (Tuton - Tutorial Online). Perkuliahan sendiri jika dihitung hanya selama 2 bulan setiap semeternya. Misal, pendaftaran Januari, maka perkuliahan akan dimulai bulan Maret dan April, Mei ujian. Juni keluar nilai. Begitu seterusnya.

O iya, untuk pendaftaran sendiri, untuk jurusan Ilmu Perpustakaan dibuka pendaftaran 2 kali dalam satu tahun. Yaitu pada bulan Januari dan Juli.





Untuk info lebih lengkapnya silakan buka saja web UT di http://www.ut.ac.id/. O iya, satu lagi, UT ini statusnya negeri lhooo... UT adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. In syaa Allah bulan Januari nanti saya akan daftar di UT Jogjakarta. Niatan saya untuk segera merampungkan pendidikan S1 untuk selanjutnya ke S2 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semoga Allah ta'ala memudahkan. Aamiin....

Baca juga :




***



Post a Comment

37 Comments

  1. Replies
    1. Kuliah lagi saja Usth.. Bisa online kok, murah. Antum bisa kuliah di UT Jogja sambil tetap kerja di SMPIT Al- Ibrah ^_^

      Delete
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Hehehe... iya Usth. Ayo kuliah lagi. :)

    ReplyDelete
  3. mau nanya akreditasinya ilmu perpustakaan di UT apa?? karena kebanyakan perusahaan/lembaga membutuhkan akreditasi min. B.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jurusan D2 Ilmu Perpustakaan UT, akreditasi B. Untuk S1 Ilmu Perpustakaan masih dalam proses visitasi, jadi sementara ini belum ada akreditasinya.

      Delete
  4. Untuk jurusan D2 Ilmu Perpustakaan UT, akreditasi B. Untuk S1 Ilmu Perpustakaan masih dalam proses visitasi, jadi sementara ini belum ada akreditasinya.

    ReplyDelete
  5. Mas, yg S1 Ilmu Perpustakaan kan blm terakreditasi, apa itu ngga pa"? takutnya mempengaruhi saat melamar pekerjaan nnt.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini, memang belum terakreditasi, Karena ini termasuk jurusan yang baru dibuka. Tidak masalah in syaa Allah. Karena nantinya pasti akan dapat akreditasi pula. Saat ini statusnya adalah "visitasi". Sama juga halnya dulu awal2 dibukanya S2 Ilmu Perpustakaan UIN Jogja juga statusnya visitasi. Tp gak ada masalah dg lulusannya krn skrg sdh terakreditasi. Apa lagi UT adalah PTN. Jadi in syaa Allah gak ada masalah. ^_^

      Delete
  6. Assalamualaikum

    Maaf mz... saya baru semester 1 ambil s1 perpustakaan. ..
    Kalau status ny visitasi ..kira kira berpa lama...terakreditasi ya....apa mungkin s1 perpustakaan terakreditasi c..mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam wr wb. Kalau tentang itu, saya juga belum tahu pasti mbak Yuliana Lina. Yang tahu ya pihak UT. Tapi saya yakin, kalau masalah akrediatasi ini, pihak UT tentu tidak akan berlama-lama "membiarkan" status prodinya "visitasi" itu. Mereka tentu akan berusaha untuk menjadikan prodinya terakreditasi baik. Seperti prodi2 yang lain yang ada di UT. Jangan kawatir, krn bagaimanapun, UT adalah kampus negeri. :-) Saya juga baru mau masuk smester ini mbak, insyaa Allah. tapi saya sebagai mahasiswa transfer D3 UIN ke S1 UT. terkait ini, ada baiknya kita langsung tanya ke UT. Tapi kalau jawaban dan analisa saya, ya seperti itu tadi mbak. Bismillah saja :-)

      Delete
  7. Assalamualaikum

    Maaf mz... saya baru semester 1 ambil s1 perpustakaan. ..
    Kalau status ny visitasi ..kira kira berpa lama...terakreditasi ya....apa mungkin s1 perpustakaan terakreditasi c..mohon jawabannya

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum,mas mau tanya mas kulia di ut juga kan skrg,mas makek tutorial tatap muka aja apa sama tutorial online juga mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam wr wb. Iya, saya kuliah di UT Jogja sekarang. Semester ini saya ambil 7 mata kuliah. Yang 5 matakuliah tutorial tatap muka, yang 2 matakuliah tutorial onlen.

      Delete
  9. Mas teguh...lebih milih yg per sks atau yang per semester ya??? klu dilihat dari sisi karyawan, waktu penyelesaian dan biaya. Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas Ajunk.... untuk di UT, tergantung ke kita... dalam satu semester mau ambil berapa sks gak masalah. maksimal 24 sks. Biaya per sks 38 ribu rupiah. tinggal dikalikan saja dengan jumlah sks yang diambil selama satu semester. Misal dalam satu semester ambil 24 sks. maka biayanya 24x38.000 = 912.000 rupiah. Waktu penyelesaian nggeh standar. Untuk S1 ya sekira 8 semester. Karena di UT sistem kuliahnya Online, jadi sangat fleksibel.

      Delete
  10. Assalamu'alaikum. Maaf mas, mau tnya pmb nya kpan nggih ? Minta tlg infonya. Alumni uin thn brapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooalah... Mbak Riska pernah mampir ke sini juga to? Hhihihihi

      Delete
  11. Mas, boleh minta lampiran daftar mata kuliah yang dialihkreditkan (lampiran 19) dari universitas asal ke UT? kebetulan saya juga d3 UIN Suka, mau nerusin S1 ke UT juga, tp bingung alih kreditnya apa aja, soalnya matkulnya beda nama hehe kalo boleh bisa dikirimin ke devit1830@gmail.com makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf koment baru saya baca mbak. Insyaa Allah nanti saya kirimkan.

      Delete
  12. Mas boleh minta emailnya? Saya mau tanya2 tentang alih kredit dr D3 ke S1 perpustakaan, email saya rusmiyanti.erni@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. teguh.istimewa@gmail.com atau pustakawanistimewa99@gmail.com

      Delete
  13. Assalamualaikum mas teguh di perpustakaan tempat kami perlu pustakawan bs bantu infokan sekiranya ada yg berminat hubungi saya di 081257375564. Jazakalloh,...

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum mas teguh di perpustakaan tempat kami perlu pustakawan bs bantu infokan sekiranya ada yg berminat hubungi saya di 081257375564. Jazakalloh,...

    ReplyDelete
  15. assalamu alaikum... saya mau tanya mas, saya pengen banget lanjutin s2 perpustakaan di uin tapi saya pengen tau biaya masuk sama biaya persemester berapa.kalo mas tau boleh minta share disini donk mas.
    makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooo oke oke mbak... Insyaa Allah akan saya buatkan artikelnya nanti mbak.... Thanks masukannya....

      Delete
  16. mas saya mau tanya,mohon di jawab, kalo udah lulus d3 ilmu perpustakaan mau ngambil s1 jurusan lain bisa ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Sangat bisa. Hanya saja, nanti mata kuliah yang harus ditempuh masih sangat banyak. Jika dari D3 Ilmu Perpustakaan ke S1 Ilmu Perpustakaan hanya menempuh sekira 21 mata kuliah. Maka jika dari D3 Ilmu Perpustakaan ke S1 jurusan lain, bisa lebih dari itu.....

      Delete
  17. Mas saya mau nanyak apakah tidak bisa mahasiswa transfer menggunakan transkrip nilai dulu biar langsung masuk kuliah soalnya yudisium akhir agustus ini kapan penerimaan mahasiswa tahun ini dibuka kk?? Soalnya gak faham sistem ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kampus mana mbak? Untuk pendaftaran mahasiswa baru UT tahun ini, pendaftaran mulai tanggal 4 Juni - 14 Agustus 2018, dan tanggal 3 Desember 2018 - 6 Februari 2019. (Selengkapnya silahkan kunjungi : ut.ac.id)

      Untuk masalah transfer, coba langsung saja hubungi UPBJJ UT terdekat. Karena setahu saya, pendaftaran mahasiswa baru, syaratnya menggunakan ijazah. Baik itu ijazah SMA, atau Ijazah D2/D3. Maka, untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi UPBJJ UT terdekat di daerah njenengan. ^_^

      Delete
  18. Nya mksd q😂😂🙏🙏 KK bingung bgt soalnya

    ReplyDelete
  19. Bagi yang jurusan ilmu perpustakaan. Yuk gabung dengan keluarga SD 2 Panjangrejo, pundong, Bantul. Cp. 085726315181

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kakak Ratna, jika ingin lowongan pustakawannya di posting di blog ini, silahkan kirimkan saja Detil Syarat dan Ketentuannya kepada kami. Bisa dikirim via email : pustakawanistimewa99@gmail.com

      Delete
  20. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete