Seminar di Perpustakaan Kota Jogja (1) : Pentingnya Membangun Kerjasama Antar Pustakawan dan Perpustakaan Sekolah


Pagi hari ini tadi, Jum'at 13 November 2015. KPAD (Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah) Kota Yogyakarta atau yang lebih kita kenal dengan nama Perpustakaan Kota Yogyakarta punya gawe dengan mengundang pustakawan perpustakaan sekolah (SD, SMP, SMA) se-Kota Yogyakarta. Eh, punya gawe apaan sih memangnya? Naaaah ini dia yang akan kita bicarakan.

Yap! Betul. Perpustakaan Kota Jogja mengadakan seminar kepustakawanan yang bertajuk Seminar Forum Perpustakaan Sekolah "Meningkatkan Jejaring Antar Pustakawan Di Perpustakaan Sekolah“. Dari tajuk seminarnya saja sudah jelas terlihat kalau seminar ini mengangkat tema tentang bagaimana membangun kerjasama dan jejaring antar perpustakaan dan pustakwan sekolah di Kota Yogyakarta. Seminar ini merupakan kelanjutan dari seminar-seminar sebelumnya yang diadakan Perpus Kota Jogja di Balai Kota Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.

Dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang sudah sangat berkompeten di bidangnya, seminar ini terasa sangat inspiratif dan menggugah. Para pembicara itu adalah Bapak Wahyu Hendratmoko, SE., MM. (Kepala Kantor ARPUSDA Kota Yogyakarta), Ibu Dra. Musta’ínatun, MA (Kepala Perpustakaan MAN 1 YK - Juara 1 Perpustakaan SMA/MA se-DIY dan Juara Harapan 1 Perpustakaan SMA/MA Tingkat Nasional 2015), dan Mbak Uswatun Hasanah, M.IP. (Pustakawan SMK N 2 YK - Juara harapan 1 Perpustakaan SMA/MA se-DIY 2015).

Dengan mengangkat topik bagaimana membangun jejaring antar perpustakaan dan pustakawan sekolah, ketiga pembicara ini menyampaikan betapa pentingnya peran perpustakaan sekolah di masa kini. Perpustakaan sekolah sebagai jantung pendidikan di suatu sekolah harus mampu menghadirkan layanan dan koleksi terbaik yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, sehingga perpustakaan mampu menjalankan fungsinya dalam memajukan pendidikan di sekolah tersebut.

Akan tetapi dalam perjalanannya perpustakaan sekolah tidak lepas dari kendala-kendala yang menghadang perkembangan maupun fungsi perpustakaan sekolah itu sendiri. Naaaah dari sinilah, perlu adanya kerjasama dan jejaring antar pustakawan maupun antar perpustakaan sekolah. Ibarat membawa beban 100 kg, akan terasa lebih ringan ketika beban itu ditanggung bersama daripada hanya diangkat seorang diri. Pun demikian dengan kerjasama antar pustakawan dan jejaring antar perpustakaan sekolah ini. Dengan membangun kerjasama dan jejaring antar pustakawan dan perpustakaan sekolah, maka kemajuan dan perkembangan perpustakaan sekolah akan lebih cepat terealisasi, serta posisi dan peran pustakawan sekolah dalam mensukseskan tujuan pendidikan akan semakin meningkat.

Apa dan bagaimana bentuk pelaksanaan kerjasama dan jejaring antar perpustakaan sekolah ini? Hmmmmm.... In syaa Allah besok akan kita lanjut ke bagian kedua. ^_^ (biar nggak jenuh baca artikel kepanjangaaaaaaaaaan... Heheheeee...)

Semoga bermanfaat. Salam Pustakawan
#PustakawanBergerak

Update ^_^

Post a Comment

0 Comments