Sukses!! Pelatihan Gawe Blog Untuk Pengelola TBM Se-Kota Yogyakarta. Hasilnya Lihat Di Sini Brooo.... Apik-Apik Blog'e


Haloooo gaes.... Naaaah masih ingat kan tentang pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta bagi para pengelola TBM (Taman Baca Masyarakat) se-Kota Yogyakarta? Yang kemarin sudah saya posting infonya itu.... Coba deh lihat DI SINI jika teman-teman lupa... ^_^

Nah ahirnya hari Rabu kemari itu, kegiatan ini benar terlaksana.. Dengan dihadiri sekira 20 orang pengelola TBM aktif se-Kota Jogja, kegiatan hari pertama dari dua hari yang dijadwalkan ini berjalan dengan sangat lancar..... Pada hari pertama ini, Kegiatan diisi dengan materi Pengenalan dan Pembuatan Blog untuk mempromosikan TBM yang mereka kelola. Di kegiatan ini, saya diminta untuk menjadi narasumbernya. Kata panitia kemarin pas ketemu saya, "Lha Pustakawan yang juga aktif nge-blog kan cuma mas Teguh."

Waduh..! sebenarnya banyak juga kok pustakawan yang ngeblog... Bahkan ada beberapa blog Pustakawan yang perlu juga teman-teman kunjungi lhoo... Coba deh, lihat ulasan Kang Murad Maulana di blognya DI SINI. 

Bertempat di Ruang Kawung Picis, Lantai 4 Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Jl. Hayam Wuruk No. 11 Kota Yogyakarta. Pelatihan yang berlangsung selama 4 JPL ( mulai jam 10.00 sd 14.30 WIB ) ini berjalan dengan sangat baik. Peserta sangat antusias mengikuti setiap materi dan pemaparan yang saya sampaikan. Materi yang saya sampaikan tidak banyak, hanya memberikan penjelasan apa dan bagaimana ng-blog itu, bagaimana menggunakan blog sebagai promosi TBM mereka. Selebihnya kami langsung praktek. Target saya, peserta harus bisa membuat 1 buah blog dengan minimal 1 buah artikel di blog tersebut.


Sayangnya sebelum acara selesai, selepas Dhuhur ada beberapa peserta yang ijin pulang karena berbagai keperluan. Yaaaah maklum, kebanyakan para pengelola TBM ini adalah Ibu-ibu... Tahu kan bagaimana luar biasanya gawean seorang ibu rumah tangga itu?

Tapi tidak mengapa, The Show Must Go On kalau kata Pakde Sam. Hehehehe... Dan ahirnya.... Peserta berhasil membuat blog beserta artikel di dalamnya... Mau tahu hasil blog mereka...? Nih saya kasih..... cekibroootttt...

  1. TBM Jendela Ilmu Gemblakan Bawah
  2. TBM Ady Jaya
  3. TBM Adil
  4. TBM Rumah Asa
  5. TBM Kemangi 3
  6. TBM Kubaca
  7. TBM Talent Azura
  8. TBM Mekar Insani
  9. TBM Pustaka Pelita
  10. TBM Roemah Pelangi
Naaah coba deh.... dikunjungi blog-blog tersebut... walaupun masih sederhana, ini merupakan prestasi yang luar biasa lhoo.... karena kebanyakan pengelola TBM ini adalah Ibu-ibu dan bapak-bapak yang kurang familiar dengan teknologi. Hehehee... Makane, harapan saya pribadi, pihak Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta bisa melakukan program lanjutan terkait dengan program kali ini.







O iya, saat ini, Jumat 2 September 2016 sedang berlangsung pelatihan tahap kedua. Hari ini diisi dengan materi tentang Pengenalan dan Praktek Pengelolaan TBM dengan Software SLiMS (Senayan Library Management System) yang akan dipandu oleh narasumber kondang Bapak Heri Abiburrahman Hakim, MIP. atau yang akrab kita sapa dengan nama Kang Heri Ab (Pustakawan ISI, Ketua Komunitas SLiMS Jogja).

Semoga TBM di Kota Jogja ini semakin maju dan jaya...!

Post a Comment

1 Comments