Knowladge Sharing HMJ IP UIN SUKA Jogja : Membangun Kepustakawanan Bersama 3 Pustakawan Muda Yogyakarta


Wessss mantab kang mas dan mbak yu sekalian.... Sabtu, 17 Desember 2016 kemarin, HMJ a.k.a Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil bin sukses mengadakan kegiatan yang luar biasa. Yaitu acara Knowladge Sharing yang mengambil topik Young Librarian Speakup : Building a Librarianship : from practice to Innovation 

Keren gak acarane?? Pastinya dooong.... Menghadirkan 3 narasumber utama yang merupakan pustakawan muda yang aktif di bidang masing-masing. Plus hadirnya Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si. sebagai keynotespeaker menjadikan acara ini luar biasa.

Lantas siapakah ketiga narasumber itu?? Ya, mereka adalah anak-anak muda yang sudah tidak asing lagi namanya di dunia kepustakawanan di Yogyakarta, bahkan di Indonesia. Mereka adalah Triyanto, SIP., Teguh Prasetyo Utomo, A.Md., dan Moh. Mursyid, SIP. Ketiga narasumber yang juga merupakan alumni dari jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menyampaikan materi yang berbeda-beda sesuai dengan bidang yang mereka geluti.

Triyanto, SIP. yang merupakan Ketua sekalugus Founder TBM Guyup Rukun ini menyampaikan materi tentang membangun masyarakat melalui perpustakaan komunitas/TBM. Teguh Prasetyo Utomo, A.Md. yang merupakan Sekretaris PD ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) DIY ini menyampaikan materi tentang membangun kepustakawanan melalui organisasi profesi kepustakawanan. Sedangkan Moh. Mursyid, SIP. menyampaikan materi membangun kepustakawanan melalui jalur akademis.

Tentu saja ini merupakan hal yang luar biasa ketika bisa mengkolaborasikan ketiganya dalam satu kesempatan. Membangun dunia kepustakawanan melalui jalur akademis, organisasi profesi, hingga tataran bawah yang menyentuh langsung di masyarakat melalui perpustakaan komunitas/TBM.









Dalam acara  yang bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini, hadir sekira 80 orang peserta yang merupakan mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka Yogyakarta, Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang, juga hadir pustakawan-pustakawan dari kota Yogyakarta dan sekitarnya. Acara berlangsung dengan sangat baik. Bahkan di sela-sela pergantian sesi, peserta disuguhi kesenian tari dan angklung yang sangat mempesona. Luar biasa!!

Untuk materi dari ketiga narasumber itu, silahkan lihat di sini :

***

Post a Comment

0 Comments