Masih Malu Jadi Pustakawan?? Kagak Jaman Gaesssss...!!


Berawal dari sebuah status dari teman di Fesbuk... Cukup menggelitik... tapi sangat sangat sangat benar adanya. Bahwa kebanyakan mahasiswa Ilmu Perpustakaan podo isin (pada malu) ketika berkuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan. Minder, gak PD, underdog, de el el .... Bahkan ada yang ngambil jurusan ini karena paksaan ortu, dan bahkan yang lebih parah lagi, karena gak ada (atau gak ketrima di) jurusan lain yang lebih "keren" dan Favorite...

Begini status teman FB saya itu, saya copas langsung dari sumbernya....

Inget 5 tahun lalu di paksa kuliah ngambil jurusan ilmu perpustakaan dan informasi. Setelah lulus pun masih ngerasa terhina banget sama orang-orang yang bilang "emang ada jurusan perpustakaan? Lah ngapain kuliah kalo cuma jaga perpustakaan, s1 si cuma jaga perpustakaan" tanpa mereka tau kerja di perpustakaan tuh gak gampang.
Coba masukin lamaran dimana-mana susah lolos karna gak sesuai, sampe akhirnya sekarang banyak sekolah dan perusahaan yang manggil karna butuh pustakawan.
Banyak-banyak bersyukur, alhamdulilah, dan gak pernah nyesel ngikutin apa kata orang tua 😊😊




Berangkat dari status tersebut, saya pun tergelitik untuk pula sharing pengalaman terkait hal ini. Insyaa Allah (semoga) bukan termasuk dan tiada bermaksud untuk berbangga hati atau bersombong diri. Just for share aja. Agar teman-teman mahasiswa Ilmu Perpustakaan, juga teman-teman pustakawan menyadari betapa kerennya kita ini. Pustakawan Itu Kece Badai....!

Cerita saya ini kemaren saya unggah di akun IG saya. Langsung saya copas juga dari sumbernya. Monggo.... ^_^

Hal yg dulu saya rasakan pula. (Waktu itu) ada rasa malu, banyak (teman2) yg mencibir dan bahkan memandang nyinyir pada saya waktu itu. Kuliah kok di jurusan Ilmu Perpustakaan? Seng dipelajari opo? Noto buku wae kok ndadak adoh2 kuliah tekan Jogja? Dan masih banyak lagi pertanyaan2 dg nada nyinyir seperti itu yg dulu datang pada saya. Pikir sy waktu itu (walaupun jg ada rasa malu), yang penting sy bisa kuliah.

Tp sekarang, alhamdulillah... Selepas lulus (bahkan sebelum lulus) lgsung dapat kerja, di mana di saat yg sama, tmn2 sy pada sibuk mencari kerja ke sana kemari selepas mereka lulus dr kuliah mereka di jurusan yg "keren2" itu.


Alhamdulillah.. Sekarang malah bisa lanjut kuliah lagi, aktif di organisasi profesi, bisa jadi pembicara di seminar/pelatihan2, bertemu dg tokoh nasional, duduk semeja dan berbagi aspirasi dg para pemangku kebijakan mulai dari kepala dinas, DPRD, Bupati, dsb.. Dan masih banyak lagi.


Sedangkan mereka yg dulu bangga dg jurusan kuliah yg "keren2" yg mereka ambil waktu itu, selepas lulus dan bekerja, mereka belum mendapatkan kesempatan yg sama dg yg saya dapatkan itu tadi.


Bahkan skrg di dunia kerja, saya menemukan fenomena, ada cukup banyak lulusan2 dr jurusan lain itu, pada banting setir kerja di perpustakaan. Ada yg dari PGSD, PAI, Matematika, Ekonomi, Teknologi Pendidikan, bahkan ada yg dari Hukum kemudian ambil akta 4 PPKn ahirnya kerja di perpustakaan. Tentu saja mereka sangat kepontal-pontal (sangat kesulitan) karena mereka tidak tahu ilmunya. Mengelola perpus bukan sekedar tentang menata buku. Ada ilmunya.


Masih banyak lagi sebenarnya. Dan sy lihat, teman2, kakak kelas, maupun adik kelas saya semasa kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, sekarang pada jadi orang2 yg luar biasa. Ada yg jd PNS, ada yg meraih prestasi menjadi pustakawan teladan, ada yg jadi tokoh TBM, penulis, blogger, ada yg jadi programmer, dan masih banyak lagi. Dan mereka juga tetap sebagai seorang PUSTAKAWAN.


Ahirnya, saya (dan kami) saat ini tengah merasakan buah manis dari apa yg kami pelajari bertahun2 di bidang kepustakawanan ini. Skarang kami (dan saya pribadi) dg penuh syukur dan bahagia menyatakan diri sbgai seorang PUSTAKAWAN.


Dan ahirnya banyak juga tanggapan dari teman-teman... salah satunya ini... ^_^


Naaaaaah... masih malu jadi pustakawan?? Kagak jaman kan...? Heehehheehe.....

Baca juga nih gaessss... Ulasan menarik tentang bagaimana dan seperti apa sosok pustakawan yang seharusnya itu.... ^_^

Post a Comment

2 Comments