NPP, Apa Sih NPP Itu?


Naaaahh.. Berita yang paling rame di kalangan pustakawan sekolah kususnya di wilayah DIY adalah adanya salah seorang oknum yang mengatasnamakan pengurus ATPUSI Indramayu yang mengedarkan sejumlah surat ke dinas pendidikan pemuda dan olah raga di wilayah DIY bahwa dia (si oknum ini) bisa membantu menguruskan NPP perpustakaan sekolah dengan syarat membayar sejumlah uang (kalau tidak salah sekitar 1 juta rupiah). Tentu saja ini sebuah penipuan. Karena mengurus NPP sangatlah mudah, dan gratis. Tidak sampai 1 jam kita urus, sudah bisa kita dapatkan NPP untuk perpustakaan kita.

Lalu apa sih NPP itu? Apa guna dan manfaatnya? Oke,, kita kupas dulu apa itu NPP. Bisa kita lihat di situs NPP PNRI di sana di jelaskan bahwa Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id atau melalui google dengan menulis Aplikasi NPP. Selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapatkan akreditasi.

Sedangkan tujuan dari diadakannya sitem NPP ini ada 2 hal, yaitu:
  1. Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.
  2. Menetapkan akreditasi perpustakaan.
Jadi dengan punya NPP atau Nomor Pokok Perpustakaan, perpustakaan yang kita kelola akan mendapatkan keuntungan karena kita berkesempatan untuk dibina oleh Perpustakaan Nasional RI dan juga bisa ikut akreditasi perpustakaan, serta tentu saja kita membantu pemerintah untuk memetakan kondisi perpustakaan di Indonesia.

Naaah sudah jelas kan apa itu NPP? Awas, jangan kena tipu-tipu...

Lalu bagaimana jika kita ingin mendaftarkan perpustakaan kita agar bisa dapat NPP dari Perpusnas RI? Naaaaahh ini dia... Klik DI SINI.

Baca juga :
 
UPDATE TERBARU : 

Post a Comment

0 Comments