Mau Buku Gratis? Di Sini Tempatnya... (1)


Mau buku gratis untuk perpustakaan atau taman baca yang kita kelola? Sudah tahu bagaimana cara mendapatkan bantuan buku tersebut? Naaaaah kali ini akan saya ulas bagaimana cara kita agar bisa mendapatkan bantuan buku gratis bin cuma-cuma secara mudah untuk perpustakaan atau taman baca yang kita kelola.

Sebagai mana kita tahu, semakin banyak dan beragam koleksi buku yang ada di perpustakaan kita, maka potensi kunjungan pemustaka di perpustakaan kita akan semakin besar pula. Tentu saja pemustaka atau masyarakat pengunjung perpustakaan menginginkan koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan itu lengkap, selalu update, tidak itu-itu saja. Pemustaka akan bosan dan jenuh jika buku yang dimiliki perpustakaan kita tidak pernah berkembang. Dan ahirnya, pemustaka tidak mau lagi datang ke perpustakaan. Naaaah lak bahaya to...?Sedangkan kita tahu, anggaran untuk perpustakaan masih belum besar. Buku-buku yang bisa dibeli masih sangat terbatas. Atau malah mungkin ada di antara teman-teman yang dalam satu tahun tidak pernah mengadakan pembelian buku baru sama sekali? Atau jangan-jangan perpustakaannya hanya berisi buku-buku paket pelajaran?

Naaaaah.. Jangan kawatir. Kita bisa kok mengajukan bantuan buku kepada lembaga-lembaga terkait untuk perpustakaan yang kita kelola. Ada banyak lembaga dan organisasi yang bisa kita mintai bantuan buku ini. Jangan sungkan-sungkan, karena sebenarnya mereka pun telah memiliki program kerja untuk membantu perpustakaan dalam pengembangan koleksinya. Pemberian bantuan buku untuk perpustakaan ini juga merupakan bagian dari program kerja mereka. Jadi nantinya antara kita (perpustakaan) dengan lembaga pemberi bantuan buku itu hubungannya adalah simbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntungkan kedua pihak). Jadi jangan malu-malu untuk meminta bantuan kepada mereka.


Lantas bagaimana caranya untuk mengajukan bantuan buku itu? Di sini akan kita bahas beberapa. Karena sebenarnya banyaaaaaaaak sekali lembaga atau organisasi pemberi bantuan buku untuk perpustakaan ini. Untuk yang lain, nanti teman-teman bisa cari sendiri yaaaaa.. ^_^

1. GREEN-BOOK.ORG 
 


Yang pertama adalah Green-Book.org. Lembaga ini adalah lembaga nirlaba (organisasi sosial) dari Ceko yang memulai operasinya di Indonesia sejak tahun 2014. Lembaga ini berfokus pada dunia akan denganmisi menjadikan anak-anak jatuh cinta kepada Bumi melalui acara, permainan, kegiatan, serta materi cetak maupun audio-visual yang meningkatkan kesadaran lingkungan. Yang terutama adalah dengan mendirikan eco-library untuk anak-anak dan menyalurkan buku anak-anak berbahasa Indonesia terkini mengenai alam. Karena dengan membaca kita akan bisa memberdayakan anak-anak untuk membuat pilihan yang lebih bijaksana di masa depan, tidak hanya dalam hal lingkungan namun juga kemiskinan, keterlibatan publik, gizi, ketimpangan gender, perencanaan keluarga, malaria, dll.

Langsung saja buka Green-Book.org. Tampilan awal situs ini menggunakan bahasa Inggris. Jika teman-teman kesulitan, bisa dirubah ke dalam bahasa Indonesia. Klik saja gambar bendera merah-putih yang ada di sudut kanan atas (lihat gambar di atas pada tanda panah). Maka tampilan situs aka menjadi berbahasa Indonesia.

Lantas bagaimana cara mengajukan bantuan buku ke GreenBook.org ini? Langsung saja klik AJUKAN ECO LIBRARY yang ada pada sudut kanan atas. Kemudian isi formulir yang telah disediakan. Setelah terisi semua dengan benar dan lengkap, klik KIRIM. Mudah kan?

Klik Ajukan Eco Library


Isi Formulir dengan Benar dan Lengkap



 Setelah Semua Terisi dengan Baik, Klik KIRIM

2. SAJUBU
 


Yang selanjutnya adalah SAJUBU, Satu Juta Buku untuk Anak-anak Indonesia. Untuk mendapatkan bantuan buku ini, kita harus masuk ke situs web SAJUBU. Alamatnya adalah http://sisfosajubu.jejaring.org/.

Setalah masuk ke web SAJUBU, yang pertama harus kita lakukan adalah melakukan pendaftaran perpustakaan sekolah / taman baca masyarakat yang kita kelola. Isikan dengan data yang sesuai dengan keadaan sekolah. Setelah itu, Perpustakaan Sekolah / Taman Baca Masyarakat yang sudah mendaftarkan diri akan diseleksi kelayakannya untuk menerima bantuan paket buku. Bila dalam proses seleksi diterima, Pihak Sajubu akan memberikan konfirmasi dan mengirimkan bantuan paket buku. Jika bantuan buku dari SAJUBU sudah kita terima, kita wajib memberikan konfirmasi atas paket buku yang telah kita terima. Konfirmasi ini akan menjadi bahan pertimbangan SAJUBU untuk pengiriman bantuan paket buku kepada kita untuk selanjutnya.

Walaupun bisa dikatakan hampir 90% email perihal request buku akan dikabulkan oleh team operasional SAJUBU. Terutama request yang datang dari perpustakaan sekolah (SD, SMP, dan SMA), hampir bisa dibilang 100% lolos. Akan tetapi tetap ada beberapa kriteria untuk kita bisa menerima bantuan buku dari SAJUBU ini, silahkan klik DI SINI untuk melihat kriteria tersebut.

3. 1001BUKU
 


Langsung saja, untuk mendapatkan bantuan dari 1001BUKU ini kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan diri sebagai anggota 1010BUKU ini. Naaah untuk melihat syarat dan melakukan pendaftaran, langsung saja klik DI SINI. 

11001BUKU akan mendistribusikan buku hasil kegiatan sort-pack-distribute (SPD) ke perpustakaan yang kita kelola. Laporkan ke Milis / Grup FB bahwa perpustakaan kita sudah menerima buku-buku dari 1001BUKU tersebut. Lengkapi dan kirim formulir yang dikirim bersama dengan buku-buku tersebut (formulir di dalam box) ke 1001buku. Jangan lupa untuk selalu mengabarkan perkembangan perpustakaan yang kita kelola ke Milis / Grup FB, sehingga dari situ dapat dinilai bahwa perpustakaan kita aktif dan siap menerima buku-buku kembali hasil SPD mendatang.


... bersambung..... (halah,, koyo sintron wae..) hahahaa... Oke, kita lanjut lagi di artikel berikutnya... in syaa Allah... Semoga bermanfaat. ^_^

Update:
Lihat juga kelanjutannya... Mau Buku Gratis? Di Sini Tempatnya... (2)
Lihat juga Contoh Proposal Permohonan Bantuan Buku.

***

Post a Comment

19 Comments

  1. Sangat membantu informasinya, terima kasih mas.

    ReplyDelete
  2. Mas kalau untuk yang mau mendirikan taman baca secara sukarela tanpa terikat dengan instansi atau organisasi apa bisa mengajukan bantuan?

    ReplyDelete
  3. yg sudah mengajukan minta bantuan buku adakah yg sudah berhasil?

    ReplyDelete
  4. Waduh mksh infonya. Sangat membantu dan memberi harapan.

    ReplyDelete
  5. mohon SMP NEGERI 2 RUNDENG KEC RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM PROV ACEH DI BANTU UNTUK KOLEKSI BUKU YG MENAMBAH SEMANGAT ANAK-ANAK DIDIK KAMI DALAM PBM DAN KREATIFITAS SISWA DALAM BERKREASI

    ReplyDelete
  6. Saya juga pengen sekali mendapat bantuan buku

    ReplyDelete
  7. mas, caranya mengajukan utk bantuan buku bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya bisa lewat pengajuan online, bisa dengan proposal. Semua sudah dijelaskan di artikel di atas. ^_^

      Delete
  8. Makasih bang ......
    Saya lagi nyari dinatur buat perpustakaan ne

    ReplyDelete
  9. Bagaimana caranya untuk mendapatkan buku bacaan gratis untuk anak2dan remaja?? Dilingkungan saya begitu banyak anak2 dan remaja mereka sangat minat membaca hanya buku yg saya punya sangat terbatas,, hanya bacaan2 buku rohani saja...
    Saya ingin sekali punya perpustakaan desa yg bisa memiliki koleksi buku yg beragam khususnya untuk anak dan remaja..

    ReplyDelete
  10. Sdn 2 suanagara kecamatan cisompet kabupaten garut muridnya banyak buku literasinya sedikit bisa minta bnatuannya gapapa buku bekas juga

    ReplyDelete
  11. Apakah masih bisa memasukkan Proposal untuk pengajuan bukunya kak?

    ReplyDelete
  12. GAK BISA BUKA SITUS WEBNYA KAK. UNTUK YANG GREEN BOOK G ADA MENU AJUKAN ECO LIBRARYNYA???

    ReplyDelete