Jozzzz Tenan... Perpustakaan SMA NU 1 Gresik Juara 1 Nasional


Ngowoh tenan... Itulah reaksi pertama saya saat baca berita bahwa yang jadi juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah SMA/MA Tingkat Nasional Tahun 2015 ini adalah Perpustakaan SMA NU 1 Gresik. Bagaimana tidak, ternyata pemberitaan media masa cukup heboh tentang hal ini. Dan yang membuat saya kagum, bangga, dan entah apa lagi adalah... Bahwa ini adalah sekolah NU. Ya, NU. Bukan bermaksud apa-apa.. Tapi selama ini, realita yang terjadi di masyarakat kita adalah bahwa sekolah-sekolah NU masih kalah bagus di banding sekolah Muhammadiyah. Atau kalau bahasa yang lebih simpel adalah, biasane sekolah swasta islam yang bagus itu ya sekolah Muhammadiyah. Iya kan..?

Maka dari itu, saya pun ikut bangga bahwa ternyata sekarang ini sekolah NU mulai menunjukkan perbaikan. Dan terbukti, bahwa SMA NU 1 Gresik ini mampu menjadi kampium lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional tahun ini. Logikanya sederhana, kalau perpustakaannya saja sedemikian jozzzz, apalagi sekolahnya...? Yo po ra..? Inilah yang menjadikan saya penasaran... Ahirnya saya searching informasi tentang Perpustakaan SMA NU 1 Gresik ini.

Kebun Buku SMANUSA Library. Ya, demikian nama perpustakaan ini. Perpustakaan ini dikelola dengan sangat baik. Bahkan sampai-sampai membentuk tim kreatif untuk mewujudkan perpustakaan yang sesuai dengan selera anak muda. Mereka punya tim kreatif yang setiap saat selalu "mengupdate" penataan buku-buku maupun interior ruangan, sehingga siswa termotivasi untuk datang ke perpustakaan dan pengunjung betah berlama-lama di perpustakaan. Selain itu, jumlah buku yang mencapai ribuan, juga tertata sangat bagus, seperti berada di kafe dengan dilengkapi ruang presentasi, ruang pamer kerajinan tangan dan ruang penyimpanan karya tulis siswa dan guru.  ^_^ Hmmmm... Keren.

Entah apa lagi yang menjadi kelebihan Perpustakaan SMA NU 1 Gresik ini. Yang pasti saya ikut senang dan bangga bahwa saat ini kualitas lembaga pendidikan Islam sudah mulai naik secara merata. Dan yang pasti, dari sini bisa kita lihat bahwa perpustakaan sekolah semakin diperhatikan dan ketika dikelola secara serius dan profesional akan bisa menghasilkan prestasi-prestasi yang gemilang, tidak hanya bagi perpustakaan itu sendiri, tapi juga bagi siswa dan seluruh warga sekolah. Karena sebenarnya, perpustakaan adalah jantungnya pendidikan (di sekolah) itu sendiri. 

Ini adalah beberapa gambar Perpustakaan SMA NU 1 Gresik yang saya dapat dari internet. Hmmm saya jadi penasaran dan ingin studi banding ke sana. Ada di antara teman-teman yang rumahnya Gresik? ^_^








Ini video profil Perpustakan SMA NU 1 Gresik.



Mantaaaaab. Selamat..! (Y)

Post a Comment

2 Comments

  1. 29 Nov kah? berapa biayanya. siapakah dan dmn kumpul2nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu Rodatun... Kemaren Mas Arsidi yang ngajak. Belum tahu tentang detil infonya. Nanti saya tanya beliau coba.

      Delete